Beranda · Aneka Informasi Menarik · Tips Trick · Linux

Cara mencari duplikat file di Ubuntu 14.04

Cara mencari duplikat file di Ubuntu 14.04 - Bagi penggemar musik, mendownload file mp3 dan mp4 dari internet adalah adalah hal yang paling sering dilakukan.Download sana download sini untuk melengakapi koleksi musik favorit. Belum lagi copy lagu dari VCD, mp3 dan transfer lagu dari komputer teman, tidak terasa ribuan lagu dan video sudah terkumpul di dalam hardisk komputer. Begitu juga bagi penggemar fotografi, komputer adalah media penyimpanan dari ribuan  foto. 


Untuk upload ke internet seperti ke media  sosial  seperti Facebook, Twitter, Flicker dan sebagainya, foto perlu di edit agar tidak memakan kuota yang besar. Tanpa sengaja kita sering menyimpan duplikat dari file musik dan foto. Lama kelamaan tanpa disadari besarnya file duplikat yang tersimpan cukup mengejutkan, baru-baru ini saya menemukan 15 GB duplikat file musik dan foto  di komputer saya.Waktu cek kapasitas free hardisk baru kaget, ternyata file mp3 , mp4 dan file foto tadi sudah memakan ruang hardisk yang banyak. Hal ini juga berpengaruh kepada kinerja komputer, karena beratnya beban di hardisk. Walaupun bukan merupakan suatu aturan baku, sebaiknya tetap sediakan 15 % free space di hardisk agar kinerja komputer tetap berjalan dengan baik. Pilahlah lagu yang jarang di dengarkan dan duplikat foto yang ada di komputer dan hapus dari komputer.

Permasalahannya memilah duplikat file ini yang sulit kalau dilakukan secara manual. Namun di Ubuntu dengan bantuan aplikasi besutan "dupeGuru"  kita bisa mencari duplikat file di Ubuntu dengan mudah. aplikasi terdiri dari dua edisi, "dupeGuru Music Edition" dan "dupeGuru Picture Edition".Kedua aplikasi  ini bisa di download di www.hardcoded.net . Cukup mudah untuk menggunakan ke dua aplikasi ini. Kita tinggal menambahkan direktori/folder yang akan di scan, selanjutnya tekan scan dan aplikasi akan mencari duplikat file yang ada di komputer. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Linux.

Cara menggunakan aplikasi dupeGuru :
  • Setelah aplikasi di download dan di install di komputer silahkan buka aplikasi dengan mengetikkan dupeguru  pada launcher.

Cara mencari duplikat file di Ubuntu 14.04

  • Buka aplikasi klik tombol plus dan tambahkan direktori/folder yang akan di scan, klik scan, tunggu aplikasi mencari file duplikat yang terdapat pada komputer.

  • Centang file duplikat dan hapus semua file duplikat.

tags: Cara mencari duplikat file di Ubuntu 14.04 , mencari duplikat file di Ubuntu dengan mudahmencari duplikat file yang ada di komputer Cara menggunakan aplikasi dupeGuru

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mencari duplikat file di Ubuntu 14.04"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ,komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel akan saya hapus