Beranda · Aneka Informasi Menarik · Tips Trick · Linux

Cara backup aplikasi yang terinstall di Ubuntu dengan dpkg-repack

Cara backup aplikasi yang terinstall di Ubuntu dengan dpkg-repack
Cara backup aplikasi yang terinstal di Ubuntu dengan dpkg-repack – Waktu menggunakan Windows, apabila ada teman atau kerabat Anda meminta aplikasi yang terinstal di komputer, kita tinggal memberikan file installasinya dengan menggunakan flashdisk atau menggunakan DVD, selama file installasinya masih tersimpan di komputer. Lantas bagaimana caranya kalau file installasinya sudah terhapus?, jalan satu-satunya adalah mendownload file installasinya kembali dari internet. Kalau aplikasinya 1 atau 2 buah tidak masalah, bagaimana kalau banyak aplikasi?, tentu tidak sedikit kuota internet yang habis untuk download ulang file installasi aplikasi tersebut. Namun di Linux Ubuntu tidak demikian, kita bisa backup aplikasi yang terinstal di komputer dengan menggunakan “dpkg-repack” dan “fakeroot”. inilah salah satu kelebihan Linux , kelebihan Linux lainnya bisa Anda baca "Kelebihan dan kekurangan menggunakan Linux ".



Cara backup aplikasi yang terinstal di Ubuntu dengan dpkg-repack :

Pada terminal Anda masuk dulu sebagai root atau ketik perintah berikut pada terminal

$ sudo apt-get install dpkg-repack fakeroot
Anda bisa backup aplikasi tertentu saja atau backup semua aplikasi yang terinstall, untuk backup aplikasi tertentu saja bisa menggunakan perintah berikut melalui terminal.

$ dpkg-repack namapaket 
misalnya kita akan backup aplikasi media player “ VLC” maka perintahnya adalah :
$ dpkg-repack vlc

hasil dpkg-repack aplikasi bisa dilhat di direktori /home dengan nama sesuai dengan yang tertera di terminal saat proses dpkg-repack selesai, dan untuk install bisa menggunakan Gdebi atau Sypnatic


Namun kalau Anda ingin backup semua aplikasi yang terinstall di Ubuntu bisa menggunakan langkah berikut ini.Buatlah folder penampungan hasil dari dpkg-repack nantinya, ketik perintah berikut di terminal :
$ mkdir backup

Masuk ke direktori yang baru saja di buat

$ cd backup

Lalu ketikkan perintah berikut di terminal :

$ fakeroot -u dpkg-repack `dpkg --get-selections | grep install | cut -f1`

Pada tahap ini proses akan berjalan sedikit lama, setelah proses selesai Anda akan mendapatkan file berekstensi .deb , bisa dilihat pada direktori “backup” yang dibuat tadi. File .deb ini bisa diinstall pada komputer lain dengan base system yang sama. 



Cukup mudah bukan?, tapi kalau ada teman atau kerabat Anda yang belum menginstall Ubuntu di komputernya dan ingin menginstall Ubuntu beserta aplikasi yang sama dengan yang sudah terinstal di komputer Anda, lebih baik Anda membackup keseluruhan system Ubuntu Anda dan membuat file ISO nya dengan aplikasi Remastersys , (baca: Cara Install Remastersys di Ubuntu 14.04) dan Intall Linux Ubuntu hasil remastersys di komputer kerabat atau teman Anda berikut aplikasi yang terinstall seperti yang terinstall di komputer Anda. 



tags: 
Cara backup aplikasi yang terinstal di Ubuntu dengan dpkg-repack
backup semua aplikasi yang terinstall di Ubuntu ,backup aplikasi terinstall di komputer

sumber gambar :(balikpapan.linux.or.id)

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara backup aplikasi yang terinstall di Ubuntu dengan dpkg-repack"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan ,komentar yang tidak sesuai dengan isi artikel akan saya hapus